Social Icons

Senin, 17 September 2012

Teknik Dasar Muay Thai #1

Olahraga asal Thailand ini telah berkembang meluas ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Muay Thai dipraktekkan di berbagai negara dengan peraturan yang berbeda-beda tergantung di negara mana pertarungan berlangsung dan di bawah peraturan organisasi apa pertandingan tersebut diatur. Selain untuk pertandingan, Muay Thai juga telah menjadi gaya hidup. Terdaftar sebagai kelas khusus di tempat-tempat kebugaran ialah bukti bahwa Muay Thai telah digemari sebagai salah satu kegiatan menyehatkan. SportzMaxx merangkum teknik-teknik dasar Muay Thai untuk siapa saja yang ingin mempelajarinya. Selamat mencoba!
 
Pukulan
Jab: Pukulan lurus dengan menggunakan tangan kiri. Untuk Anda yang kidal, pukulan dilakukan dengan menggunakan tangan kanan. Target pukulan jab adalah wajah dan tubuh bagian depan.
Strike: Pukulan lurus dari arah belakang dengan tangan lain yang tidak digunakan saat pukulan jab. Jika pukulan jab Anda menggunakan tangan kiri, maka strike menggunakan tangan kanan Anda dan sebaliknya. Target pukulan strike sama dengan jab.
Hook: Pukulan menyamping. Targetnya adalah wajah dan tubuh bagian samping.
Upper Cut: Pukulan dari bawah ke atas. Targetnya lebih banyak lagi, bisa tubuh bagian samping maupun depan. Selain itu, dagu juga menjadi target pukulan ini.
 
Tendangan
Low Kick: Tendangan kaki lurus ke depan setinggi pinggang. Target dari tendangan ini adalah bagian pinggang ke bawah.
Middle Kick: Tendangan kaki lurus ke depan setinggi pinggang hingga ketiak. Target dari gerakan ini adalah tubuh bagian tengah.
High Kick: Tendangan tinggi dengan target bagian kepala.
Push Kick: Tendangan kaki yang gerakannya seperti mendorong. Gerakan ini bisa dilakukan lurus ke depan ataupun ke arah bawah dan atas.
 
Sikutan
Vertical: Gerakan dengan menggunakan sikut yang bergerak dari atas ke bawah.
Horizontal: Serupa dengan gerakan sikut vertical namun gerakan sikut yang ini sejajar.
Smashing Elbow: Gerakan dengan sikut yang menyerupai gaya smash.
Upper Cut Elbow: Sama dengan pukulan upper cut namun fokus pada sikut. Sikut digerakkan dari bawah ke atas.
 
Dengkulan
Upper Cut Knee: Lutut digerakkan dari bawah ke atas. Serupa dengan gerakan upper cut yang lain namun fokus dengan menggunakan lutut.
Hook Knee: Hampir sama dengan pukulan hook tapi mengunakan lutut.
Circle Knee: Gerakan lutut memutar yang disertai dengan bagian badan yang juga memutar. Target gerakan ini adalah rusuk dan paha bagian samping.

3 komentar: