Social Icons

Senin, 17 September 2012

Teknik – Teknik Dasar Muay Thai

Muay Thai adalah beladiri yang mengekspolitasi hampir semua bagian tubuh manusia aktif, seperti kepalan tangan, sikut, lutut, dan kaki. Pada artikel kita kali ini akan membahas secara singkat salah satu teknik dasar muay thai, yaitu pukulan.
Jenis pukulan dalam Muay Thai antara lain :
  • Jab atau Mat trong
    Adalah pukulan pembuka dalam .Pukulan jab berupa pukulan lurus ke depan, bisa mengarah ke muka atau badan lawan. Biasanya, pukulan jab dilontarkan dengan tangan kiri (jika petinju tersebut bergaya ortodoks atau dengan tangan kanan jika petinju tersebut bergaya kidal. Tapi itu bukan sesuatu yang pasti, ada kalanya petinju ortodoks melontarkan jab dengan tangan kanan, dan sebaliknya, tergantung posisi saat melontarkan pukulan. Pukulan jab, biasanya berfungsi mengganggu konsentrasi lawan atau sekedar pukulan pembuka dalam suatu serangan, namun tidak jarang pukulan jab bisa terlontar dengan keras dan memukul lawan dan membuatnya KO.
  • Straight
    adalah pukulan lurus. Lazimnya, pukulan straight dilontarkan setelah pukulan Jab, tapi tidak selalu begitu, karena bisa dikombinasikan dengan pukulan lain, sesuai strategi dan kondisi di ring. Target utama pukulan ini adalah bagian kepala lawan, tapi bisa juga perut, tergantung situasi dan posisi sang Thai Boxer.
    Untuk Thai Boxer ortodoks ,pukulan straight dilontarkan dengan pukulan kanan(karena tangan kanan lebih keras dari tangan kiri), dan sebaliknya untuk Thai Boxer kidal.
  • Uppercut atau Mat soei/Mat soi dao
    adalah pukulan pendek, biasanya merupakan pukulan andalan untuk mengalahkan lawan dengan KO. Pukulan upper cut dilontarkan dari bawah, posisi tangan dan siku petinju membentuk huruf “V” dengan sasaran utama perut, ulu hati dan dagu lawan ulu hati dan dagu lawan. Pukulan jenis ini biasanya efektif untuk pertarungan jarak rapat, atau bagi petarung yang memiliki jangkauan pukulan yang lebih pendek daripada jangkauan puklan lawannya.
    Tapi itu semua kembali ke kondisi dan situasi pertandingan itu sendiri, bagaimanapun juga karakter petarung jugalah yang menetukan hasil akhir sebuah pertarungan.
  • Hook/long hook atau Mat wiang san
    adalah pukulan yang menyerupai kait (hook berarti kait dalam bahasa Inggris) yang dilontarkan dari arah samping dan melengkung ke arah wajah. Pukuilan jenis ini mempunyai sasaran utama target badan bagian samping, baik itu kepala, maupun badan ( bagian pinggang terutama bagian rusuk).
    Pukulan ini sangat fatal akibatnya apabila mendarat di bagian dagu samping, banyak pertarungan berakhir setelah salah satu petarung mendaratkan Hook nya secara telak pada lawannya.
  • Swing atau Mat wiang yao
    adalah kombinasi antara pukulan long hook dan straight. Pukulan ini sangat efektif sebagai counter punch counter punch apabila lawan melancarkan serangan dengan pukulan jab,tapi dibutuhkan keberanian dan momentum yang tepat untuk menggunakan teknik ini, teknik ini biasanya digunakan oleh para fighter berpengalaman.
    Dibutuhkan latihan yang intensif untuk menguasai dan dapat mengaplikasikannya dalam pertandingan.
Ok. Sekian dulu ya, nanti kita bahas lagi teknik – teknik  Muay Thai yang lain. Teruslah berlatih,pepatah mengatakan ” Repetition is mother of the skill”

3 komentar:

  1. persamaan antara boxing sama mua thay dong

    BalasHapus
  2. http://matuarimuaythai.com/
    Ayo latihan Muay Thai bersama kami dengan INSTRUKTUR BERPENGALAMAN, FASILITAS LENGKAP, dan HARGA TERJANGKAU. See u at the gym

    BalasHapus